Amway Corporation – Profil Perusahaan, Informasi, Deskripsi Bisnis, Sejarah, Informasi Latar Belakang Amway Corporation

Sejarah Amway Corporation
Pelopor pemasaran multilevel (MLM), Amway Corporation memproduksi dan menjual produknya sendiri serta produk bermerek dari perusahaan lain melalui jaringan tiga juta distributor independen di seluruh dunia. Tidak seperti banyak perusahaan MLM lainnya, Amway menawarkan pilihan barang yang luas, mulai dari produk pembersih, kosmetik, dan vitamin hingga layanan perjalanan, diskon pembelian mobil, dan barang dagangan katalog. Fasilitas manufaktur perusahaan mencakup pabrik produksi seluas 3,5 juta kaki persegi di Ada, Michigan, serta pabrik di California, Korea Selatan, dan Cina. Produk Amway dikirim ke distributor di Amerika Serikat, Kanada, dan wilayah Karibia melalui 12 Pusat Layanan Amway. Perusahaan ini mencatat pertumbuhan eksplosif selama tahun 1990-an, meningkatkan volume pendapatannya dari $1 miliar pada tahun 1990 menjadi $7 miliar pada tahun 1997, sebagian besar melalui ekspansi internasional. Pada tahun 1999, perusahaan membentuk perusahaan baru bernama Quixtar untuk menjual produk konsumen dengan diskon volume melalui distributor melalui Internet. Ekspektasi untuk Quixtar sangat tinggi, dengan beberapa pengamat industri meramalkan bahwa perusahaan baru ini pada akhirnya bisa melampaui ukuran bisnis Amway tradisional.

Asal-usul Amway ID

Sejarah Amway mewakili babak baru dalam sejarah panjang penjualan langsung, yang dimulai pada periode kolonial Amerika dengan para penjaja Yankee yang tidak terorganisir yang menjual perkakas dan barang-barang lainnya dari pintu ke pintu. Pada tahun 1800-an, penjualan langsung menurun seiring dengan munculnya perdagangan massal, seperti department store dan penjualan melalui pesanan lewat pos. Namun, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, beberapa produsen menemukan bahwa penjualan langsung memiliki keunggulan dibandingkan penjualan produk mereka di toko-toko besar. Mereka lebih menyukai sentuhan pribadi, dengan salesman yang melakukan demonstrasi produk mereka di rumah secara eksklusif. Pada tahun 1920-an, salesman dari pintu ke pintu memasarkan kuas, peralatan memasak, dan produk lainnya. Toko-toko eceran melawan dengan undang-undang setempat tentang penjual keliling. Peraturan pemerintah federal tentang hubungan perusahaan-karyawan menyebabkan solusi kontraktor independen. Sebagai kontraktor independen, salesman bukan lagi karyawan: mereka adalah pengusaha independen yang membeli produk untuk dijual kembali. Pemasaran jaringan pertama dimulai pada tahun 1941 ketika dua orang pria menciptakan mekanisme untuk mendistribusikan vitamin Nutrilite. Dalam mekanisme ini, selain menghasilkan uang dari penjualan eceran, distributor mendapatkan bonus dari penjualan individu yang mereka rekrut secara pribadi.

Kisah Amway dimulai dengan persahabatan antara dua pemuda yang akan menjadi pendirinya. Jay Van Andel, lahir di Grand Rapids, Michigan, pada tahun 1924, dan Richard M. DeVos, lahir di komunitas kecil di dekatnya, Ada pada tahun 1926, berteman di Christian High School di Grand Rapids. Warisan Belanda mereka yang sama tentang kerja keras, penghematan, dan kewirausahaan membuat mereka bersama.

Keduanya bertugas di Korps Udara Angkatan Darat selama Perang Dunia II. Kembali ke Michigan setelah perang, mereka mendirikan Wolverine Air Service untuk menawarkan pelajaran terbang. Setelah menjual Wolverine dan beberapa bisnis kecil lainnya, kedua pemuda ini membeli sekunar dan berlayar untuk melihat Amerika Latin. Kapal itu tenggelam di Karibia, dan keduanya menghabiskan enam bulan berikutnya di Amerika Selatan; ketika mereka kembali ke Michigan, mereka memulai JaRi Corporation untuk mengimpor dan menjual kerajinan tangan Karibia.

Pada tahun 1949 DeVos dan Van Andel menjadi distributor vitamin untuk Nutrilite Company of California. Mereka menikmati kesuksesan sederhana dari penjualan eceran mereka sendiri dan dari bonus yang diperoleh dari tenaga penjualan yang mereka ciptakan di Midwest. Namun, meningkatnya peraturan pemerintah dan konflik internal di Nutrilite membuat Van Andel, DeVos, dan beberapa distributor Nutrilite terkemuka lainnya memulai usaha mereka sendiri. Pada bulan April 1959 mereka menciptakan The American Way Association, yang kemudian berganti nama menjadi Amway Distributors Association, untuk melindungi para distributor independen. Mereka memilih produk pertama mereka berupa pembersih organik cair yang dapat terurai secara hayati yang dibuat oleh sebuah perusahaan kecil di Michigan, jenis barang dagangan dengan permintaan tinggi yang dapat dengan mudah dijual melalui MLM. Pada bulan September 1959, Amway Sales Corporation dan Amway Services Corporation mulai membantu para distributor. Van Andel dan DeVos, dengan bantuan istri mereka dan beberapa karyawan, memulai operasi dari kantor di ruang bawah tanah mereka. Van Andel membuat literatur penjualan dan mengawasi pengembangan produk baru; DeVos memotivasi dan melatih distributor baru.

Perusahaan berkembang dengan cepat. Tahun pertama operasi penuh pada tahun 1960 menghasilkan penjualan kotor sebesar $500.000. Angka itu meningkat dua kali lipat dalam dua tahun berikutnya, dan pada tahun 1964 mencapai $10 juta. Ribuan distributor mendaftar setiap bulan. Ekspansi ini begitu cepat sehingga begitu perusahaan pindah ke fasilitas baru, mereka sudah penuh sesak. Dalam sejarah perusahaan, Commitment to Excellence: The Remarkable Amway Story, DeVos mencatat, “Kami selalu berebutan, hanya mencoba mengejar pesanan kembali, bekerja untuk melatih orang lain, dan kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami.

Updated: Januari 17, 2023 — 11:55 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *